Friday, June 8, 2012

5 Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula

 Bagi yang baru terjun ke dunia blogger, pasti merasa bingung dan langsung saja membuat serta mengelolanya tanpa memperhatikan poin-poin penting dalam 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula. Poin-poin inilah yang nantinya dapat membantu anda menjadi blogger yang lebih baik lagi. Ini pun terjadi pada diri saya sendiri sewaktu memulai blog yang tentunya masih asal-asalan. Berikut ini 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula yang sering dilakukan:

1. Memulai Blog Tanpa Memikirkan Tema

Tema sangat penting dalam sebuah blog. Tema berfungsi sebagai identitas blog kita nantinya apakah postingannya mengenai topic ini atau topic itu. Tanpa tema ibaratkan saja sebuah acara tanpa tujuan. Jadi sebelum memulai blog, kita harus memikirkan terlebih dahulu tema apa yang kita mampu untuk postingan blog kita nantinya agar sebuah blog itu mempunyai tujuan.

2. Kebanyakan Copy Paste Artikel Blog Lain

Ada kalanya memang kita malas untuk posting dan kepala seakan kosong dari ide untuk posting (apa), sehingga jalan keluarnya adalah copy paste artikel dari blog lain. Meskipun anda sudah menghargai pemiliknya dengan mencatumkan sumber, namun kualitas artikel anda sudah tentu akan kurang. Karena kebanyakan copy paste, pengunjung pun akan merasa jenuh dengan postingan anda. Cobalah untuk membuat artikel karya sendiri atau setidaknya hasil copy paste yang direka ulang (restruktur) lebih dari 70% sehingga akan sangat berbeda dengan artikel aslinya. yah paling tidak memberi bahasa yang berbeda agar terlihat berbeda meskipun memiliki isi yang sama. Namun tetap lebih baik untuk membuat posting sendiri karna sedikit kemungkinan bisa sama dengan artikel lain, sehingga kualitas artikel kita dapat meningkat, dan pengunjung akan lebih fresh lagi karna melihat posting and yang belum pernah dilihat sebelumnya

3. Terlalu Banyak Posting Dalam Sehari
Terkadang kita merasa dipenuhi dengan ide yang ingin di postingkan pada blog kita, selain itu juga karna tuntutan ingin cepat dikenal. namun itu tidak baik bagi anda, pengunjung, dan bagi google. karna apabila terlalu banyak artikel yang diposting setiap harinya maka pengunjung akan malas berkomentar pada artikel anda sehingga pengunjung semakin malas untuk membuka blog anda. dan google pun sangat tidak suka pada postingan yang berlebihan. baik untuk disarankan bagi blogger pemula untuk posting paling banyak 1 posting satu hari saja, atau paling sedikit satu posting satu minggu saja sudah cukup.

4. Terobsesi dengan Widget
  Saran bagi temen-temen blogger pemula sebaiknya tidak mengunakan gadget terlalu banyak. hal ini karena gadget yang dipakai terlalu banyak akan memperberat blog temen-temen. mungkin temen-temen berfikir gadget yang digunakan akan memperbagus blog temen-temen, namun selain itu juga dapat memperberat blog temen-temen. karena beratnya blog temen-temen, jadi untuk me-load-nya membutuhkan waktu yang agak lama sehingga pengunjung menjadi malas untuk mengunjungi blog temen-temen. namun bukan berarti dilarang untuk memakai gadget, sebaiknya temen-temen hanya memakai 5 gadget saja sudah cukup.

5. Terlalu Berambisi

Beberapa blogger pemula, terkadang berharap agar bisa segera mencapai ketenaran di dunia blogging dalam sekejap. Jelas saja hal itu adalah sesuatu yang mustahil. Dalam dunia blogging, ketenaran tidak diperoleh dalam satu hari. Kalau Anda menginginkan ketenaran itu, lakukan saja dengan sabar. Tentukan target yang realistis dan masuk akal. Jangan egois. Lakukan blogwalking dan tinggalkan komentar yang cukup bermutu di blog lain. Balas dengan baik email atau komentar yang masuk ke blog Anda. Toh, Roma juga tidak dibangun dalam sehari semalam, bukan?

Intinya dalam sebelum dan dalam memulai blog jangan terlalu berambisi dan selalu membaca di blog-blog yang membahas sesuai dengan tema blog anda agar nantinya tidak salah dan tidak putus di tengah jalan. Jadikan blog-blog yang sudah sukses seperti o-om dan kang rohman sebagai inspirasi untuk memotivasi anda supaya lebih semangat ngeblog.

Sekian dulu postingan saya mengenai 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula seperti saya Semoga postingan ini dapat berguna bagi anda yang terutama dalam memulai blog baru ataupun yang sudah lama namun belum ada perubahan. Ingat semuanya perlu proses, tidak ada yang instan. Kesuksesan bisa didapat oleh semua orang, namun cara untuk sukses semua oranglah yang membedakan. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment