Saturday, June 16, 2012

Membuat Sendiri Pupuk Organik Cair (POC) dari Pupuk Kandang


Di Tanah Karo pemakaian pupuk kandang sangat banyak digunakan, namun bagaimana agar pupuk kandang itu dapat lebih terserap oleh akar tanaman, ini yang jarang dipikirkan. Caranya tentu dengan mengencerkan pupuk kandang itu. Efisiensi dapat diperoleh dan tentunya polusi bau tak terjadi.Memberi pupuk kandang yang ditumpuk di dekat batang tanaman secara sekaligus masih kalah unggul dengan cara berikut : memberi pupuk cair organik dari pupuk kandang sedikit demi sedikit namun rutin. Karena bila ditumpuk sekaligus, akan mungkin terjadi pupuk kandang itu tergerus oleh air hujan dan tiupan angin pada kotoran yang mengering.Berikut cara pembuatan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) :Pertama, siapkan tong plastik ukuran sedang. Cuci sampai bersih supaya sisa-sisa zat kimia atau deterjen hilang, lalu tong dijemur supaya kering.

Kedua, isi 2/3 tong plastik tersebut dengan kotoran sapi atau kambing atau ayam atau babi.

Ketiga, siapkan 3 kelapa (bila tak ada kelapa dapat diganti dengan 3 gula merah yang dicairkan), 6 ragi (untuk pembuatan tape) sebagai starbio. dan bila perlu 2 kg urea.

Keempat, masukan air ke dalam tong plastik hingga campuran hampir penuh. masukan air kelapa (dari 3 butir kelapa), masukan 6 ragi (yang telah diencerkan). Dan bila perlu masukan 2 kg urea. lalu diaduk-aduk merata.

Kelima, biarkan campuran ini antara 5-7 hari. setiap hari cukup diaduk merata sekali selama 5 menit. tong plastik ini ditutup dengan tutup yang berlubang-lubang supaya ada sirkulasi udara.

Keenam, untuk pemakaiannya, pupuk organik cair (POC) ini dicampurkan dengan air. perbandinganya 1 liter POC dicampur dengan 10 liter air. dan disiramkan ke sekitar batangan tanaman.Ke dalam POC ini juga bisa dicampurkan zat pengatur tumbuh (ZPT) yang dapat dibeli atau ZPT buatan sendiri. ZPT buatan sendiri ini dapat diperoleh dengan menghaluskan (memblender) batang-batang tengah ilalang atau toge sebanyak 4 kg atau lebih. Campuran dikatakan telah berhasil, bila aroma pupuk kandang tak menyengat. Selamat mencoba.

1 comment: